About Me

My photo
Happy-go-lucky concert goer yet hopeless romantic Taurean. I speak fluent Javanese, Indonesian, English, and Sarcasm. Forever in love with Liverpool FC, Children, L'Arc~en~Ciel, Cats, Chocolate, and Purple. Steven Gerrard is Legend. Iron Man is Superhero.

Wednesday, 8 May 2013

Football 101 for Girls



Apakah kamu termasuk salah satu diantara sekian ratus juta penduduk di dunia yang menggemari olahraga sepakbola?

Apakah kamu perempuan?

Jika jawabnya YA, lalu...

Apa yang menjadi alasan utama kamu dalam menggemari olahraga sepakbola?

Klub? Pemain? Keluarga? Pasangan?

Apapun alasan dibalik kegemaranmu terhadap olahraga sepakbola, kita sama. Perempuan yang menggemari sepakbola. Lalu, mengapa saya menanyakan hal tersebut di awal postingan ini? Sekedar ingin tahu saja, sih, kira-kira apa yang menjadi alasan kebanyakan dari kita kaum perempuan dalam menggemari sepakbola?

More and more of us, girls, nowadays are getting attached to this masculine sport. Sadly, most guys (most, not all of them) think that what we do is just another type of fangirling. You know, THOSE GOOD LOOKING PLAYERS! OMG! OMG! :|

I'm not really into this saying, "love at the first sight," but it happened when I first saw my beloved football club, Liverpool played back then. Still remember how Michael Owen mesmerized me with his gorgeous look AND beautiful skills.

Okay, sekarang kita mulai menempatkan posisi sebagai penggemar sepakbola dan menanggalkan apa yang diberikan society kepada kita, gender. Me, personally belajar apa itu alien bernama sepakbola pertama kali dari guru olahraga waktu SD. Basic sekali, ya karena teori mengenai olahraga diujikan dan harus belajar, dong! Kemudian saat mengenal klub Merah yang ASDSKJDFKJSHDF ini, semakin memperbesar rasa keingintahuan saya mengenai olahraga sepakbola. Sejarah klub dan prestasinya ya sudah pasti masuk daftar belajar, akan menjadi nggak lucu kalau sekedar jadi penonton aja tanpa tahu kenapa si Wasit tiba-tiba meniup peluit lalu mengeluarkan kartu dari dalam sakunya.

Tanpa bermaksud menggurui, I'd like to share some essential points about this sport. Paling tidak sejauh inilah yang saya ketahui dan paling sering nongol aja. Maafkeun sebelumnya kalau ada yang kurang, tapi paling tidak bisa menjadi manual kita dalam memahami sepakbola. Most importantly, nggak dianggap sekedar fangirling lagi sama cowok-cowok, hehehe.

Istilah-istilah dalam pertandingan sepakbola in alphabetical order:


1. Added Time
aaaaartinya perpanjangan waktu. Dikenal juga dengan istilah injury time. Waktu spesial ini ada di ujung babak, berkisar dari 1-4 menit, tergantung juga sih berapa lama (kalau Ferguson ya bisa lebih dari 4 bahkan 2 kali lipatnya). Kok bisa sih ada waktu tambahan? Jika dalam tiap babak pertandingan terjadi hal yang dapat menghentikan jalannya pertandingan (seperti insiden antar pemain atau interupsi lainnya), akan ada waktu yang ditambahkan oleh wasit di akhir babak. Begitu...

2. Adu penalti
Adu penalti adalah tendangan penalti yang dilakukan setelah pertandingan berakhir imbang dan telah melalui babak extra time, biasanya dilakukan oleh 5 orang penendang dari masing-masing tim. Ingat final UCL 2005 di Istanbul? Itu dia adu penalti yang mungkin nggak akan bisa dilupakan oleh kita-kita pendukung Liverpool. :)

3. Assist
Masih ingat kemenangan setengah lusin LFC vs Newcastle United kemarin? Saat Philippe Coutinho menggiring bola dari lapangan tengah ke lini depan, melewati beberapa pemain lawan lalu bola tersebut diteruskan ke Daniel Sturridge dan berbuah gol? Nah, secara singkat begitulah yang dinamakan assist alias umpan matang yang menghasilkan gol. Untuk lebih jelasnya, berikut video mengenai assist Coutinho...


4. Attacking Midfielder
Attacking midfielder adalah salah satu dari tiga midfielder. Posisinya berada di depan midfielder yang lain agar dapat memberikan assist, namun nggak menutup kemungkinan untuk mencetak gol juga. Tipe midfielder satu ini besar pengaruhnya dalam tim dan membutuhkan kemampuan menggiring, mengumpan dan menendang bola dengan baik.

5. Away
Pada saat klub yang kita dukung bertandang ke stadion lawan, itulah yang dinamakan pertandingan away. Biasanya sih, pertandingan seperti ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih daripada bertanding di kandang. Faktor pemain ke-12 atau suporter adalah salah satunya.

6. Back Heel
Pernah melihat pemain menendang bola menggunakan tumitnya untuk mengelabui lawan? Nah, itu yang namanya back heel.

7. Back Pass
Back pass artinya pemain mengoper bola ke belakang (kiper) untuk mengamankan pertahanan. Biasanya nih, Pepe Reina suka bikin ketar-ketir karena santai kayak di pantai kalau dikasih model begini... :|

8. Ball Possession
Ini istilah untuk penguasaan bola, biasanya diukur menggunakan persentase. Penguasaan bola itu apa ya? yang termasuk dalam penguasaan bola disini adalah berapa lama waktu bola jatuh ke kaki total seluruh pemain dalam tim. Kalau pas siaran langsung, ball possession ini nongol di sudut atas layar televisi. Klub kita tercinta ini sering banget tinggi ball possessionnya tapi nggak jadi-jadi juga golnya.......................................... *geleng geleng*

9. Banana Kick
Banana kick adalah tendangan ke udara yang melengkung seperti pisang. Biasanya dilakukan saat corner kick atau sepak pojok.

10. Bench
aaaaaadalah bangku cadangan. Tempat duduk pemain-pemain ganteng yang nantinya akan menggantikan rekannya apabila diperlukan.

11. Bicycle Kick
Tendangan model begini agak-agak sulit dijabarkan dengan kata-kata. Secara teoritis, bicycle kick adalah tendangan akrobatik (mirip salto) ke gawang lawan untuk menyambut umpan silang dengan cara melompat membelakangi gawang sambil menendang bola. Pusing? Mendingan lihat videonya aja ya... ini kiper kita, Pepe Reina lagi latihan eeeh dia berbicycle kick.


12. Blunder
Kalau pernah melihat Pepe Reina gagal menangkap bola dengan sempurna sehingga mengakibatkan gawangnya kebobolan, kesalahan kiper inilah yang disebut blunder. Endingnya sedih yang tak berkesudahan............ (kecuali kalau bisa membalik keadaan -___-)

13. Booking
Istilah untuk pemain yang dikenai kartu kuning oleh wasit.

14. Box
Dikenal juga dengan kotak penalti, itu loooh... kotak yang ada di depan gawang.

15. Box-to-box Midfielder
Siapa yang nggak tahu Lucas Leiva??? Suami dari Ariana dan bapak dari Pedro (masih nggak tahu juga artinya kebangetan nih). Ini dia contoh box-to-box midfielder. Sering lihat Lucas bergerak kesana kemari dari tengah-depan-tengah-belakang dengan lincahnya? Pemain dengan tipe ini nggak gampang lho... butuh seseorang berstamina tinggi, gerakan passing yang dinamis, kemampuan tackling handal dan finishing oke.

16. Center Back
Alias pemain bertahan tengah. Jamie Carragher, Daniel Agger, Martin Skrtel, Sebastian Coates adalah contohnya. Tugasnya tentu saja menjaga pertahanan di area tengah. Caranya antara lain melalui tackling dan heading bola saat berada di zona berbahaya. Pemain ini boleh melakukan zonal marking ('menjaga' seorang pemain lawan dalam area tertentu) dan man marking ('menjaga' pemain lawan yang dianggap berbahaya).

17. Clean Sheet
aaaaadalah hal yang paling membahagiakan bagi para penjaga gawang, tapi nggak begitu membahagiakan juga kalau hasilnya seperti derby Merseyside 5 Mei 2013 kemarin :(
Dikatakan clean sheet apabila tidak ada bola yang bersarang di gawang, dengan kata lain tim berhasil menjaga pertahanan dengan baik.

18. Corner Kick
Dikenal juga dengan tendangan penjuru. Corner kick didapatkan ketika pemain lawan dengan sengaja atau tidak, membuang bola ke garis pertahanannya sehingga mendapatkan tendangan dari pojok (corner)... kemudian kita berharap terjadi gol... *berdoa*

19. Counterattack
Pernah melihat tim yang sepanjang pertandingan bertahaaan terus apapun yang terjadi? Tak peduli betapa dahsyatnya serangan dari pihak lawan, bertubi-tubi dari segala sisi... (oke ini lebay zzz). Dalam sepakbola, ada istilah yang namanya counter attack atau bisa juga diartikan sebagai serangan balik. Counter Attack tersebut selalu dilakukan oleh tim yang menerapkan strategi atau gaya bermain bertahan.
Biasanya tim yang menerapkan strategi tersebut adalah tim yang menganggap lawannya jauh lebih kuat sehingga mereka lebih memilih untuk bertahan dan mengandalkan serangan balik. Caranya simpel saja, begitu lawan asyik menyerang (kan pemainnya pada maju ke depan tuh), colongan deh pas mereka sibuk sendiri... Tanpa mengecilkan klub manapun, tapi biasanya klub-klub yang 'biasa' aja justru sering membuat klub-klub papan atas kerepotan dengan strategi ini.

20. Cross
Teknik ini salah satu kesukaan saya, melihat pemain memberikan umpan silang kepada teman setim untuk mencetak gol ke gawang lawan adalah pemandangan yang keren. Hahaha... nggak tahu kenapa sih, suka aja. :D

21. Crossbar
aaaaadalah mistar gawang yang posisinya horisontal dengan panjang 24 kaki. Paling pahit kalau bola yang ditendang kena crossbar... dan Liverpool pernah punya rekor buruk dengan crossbar musim lalu. *sigh*

22. Defender 
Defender adalah pemain bertahan alias bek, itu loh yang posisinya di depan kiper. Badan tinggi dan besar, berotot lagipula gahar... tipikal pemain seperti ini nih yang kita lihat dari defender. Biasanya ada 3, 4, atau 5 defender di depan kiper tergantung formasi apa yang dipakai.

Defender ada bermacam-macam:
- Center Back (lihat no. 16),

- Left/Right Wing Back
gampang saja, area kiri atau kanan, lebih bebas karena pakai sayap. Apa sih!? -___- dan mereka juga marking winger lawan sesuai areanya.

- Libero/Sweeper
Bek ini lebih multifungsi daripada Center Back; bisa berada di kanan, kiri, atau tengah sehingga diharapkan jadi motor serangan balik. Kemampuan menguasai dan mengumpan bola harus oke nih. Biasanya posisi doi lebih maju daripada bek lain, jadi bebas mendistribusikan bola dan memotong umpan lawan. Sekarang nggak banyak pemain jenis ini.

- Full Back.
Tugasnya dalam pertahanan cukup luas, yang utama adalah mencegah lawan melancarkan crossing ke area penalti. Full back bertanggung jawab dalam menahan pemain sayap lawan, terus dia juga harus punya disiplin tinggi supaya mencegah teman-teman beknya keluar dari garis pertahanan. Bek yang begini paling rajin teriak-teriak... "Woy, di situ aja jangan kemana-mana! Iya! Situ! Agak maju dikit!" -___-
Tahu kan kalau defender LFC itu keren-keren? Tahu kan saya mau membicarakan siapa? ya MARTIN KELLY laaah... hahahaha. Kalau kesayangan saya itu biasa berada di kanan namun bisa juga di tengah. Udah ganteng, serba bisa... aduh... (mulai lebay)

23. Deflection
Bola ditendang kemudian mengenai bagian tubuh pemain, nah pantulan bola ini disebut defelection. Entah kemana arah si bola akan menuju... hanya dia dan Tuhan yang tahu. Kalau gol, alhamdulillah, kalau own goal, innalillahi... -___-

24. Derby
Bukan Romero. Ini adalah pertandingan antara 2 klub yang secara geografis berada dalam 1 wilayah. Merseyside Derby pasti tahu kaaan?

25. Disallowed Goal
Alias gol yang dianulir atau dianggap tidak sah oleh wasit. Loh kenapa kok bisa begitu? bisa jadi karena ada foul atau saat prosesnya termasuk offside (INI JEBAKAN! INI JE-BA-KAN!!! -___-).

26. Dive(-ing)
Hmmm... kalau mau menjelaskan hal yang 1 ini kok tiba-tiba hati merasa lebih sensitif ya? Oke, yang dimaksud dengan dive(-ing) ini bukan menyelam di rumput lapangan, namun seorang pemain yang sengaja menjatuhkan diri, seolah-olah dilanggar oleh pemain lawan, dengan harapan akan mendapat pelanggaran berupa seperti tendangan bebas atau penalti.

27. Dribble
Dribble adalah teknik menggiring bola.

28. Dummy (run)
Kena deh! ini adalah tipuan. Biasanya pemain berlari dengan maksud memancing lawan keluar dari daerah pertahanannya agar membuka ruang bagi rekan setim untuk menyerang.
29. Extra Time
Apabila skor akhir full time adalah draw alias seri, maka extra time akan diberikan oleh wasit. Sebanyak 15 menit pertama akan diberikan, kalau masih belum ada yang unggul juga, dimainkan 15 menit yang ke-2. Masih belum juga??? ya sudah, adu penalti.

30. Forward
aka Striker aka Attacker. Luis Suarez, Daniel Sturridge, Fabio Borini, Andy Carroll.

31. Four Five One (4-5-1)
Formasi tim yang terdiri dari 4 bek, 5 midfielder, dan 1 striker

32. Four Three Three (4-3-3)
Formasi tim yang terdiri dari 4 bek, 3 midfielder, dan 3 striker.

33. Four Four Two (4-4-2)
Formasi tim yang terdiri dari 4 bek, 4 midfielder, dan 2 striker.

34. Four Two Three One (4-2-3-1)
Formasi tim yang terdiri dari 4 bek, 2 defensive midfielder, 3 midfielder, 1 striker.

35. Free Kick
Artinya tendangan bebas, dilakukan ketika terjadi pelanggaran tapi bukan pelanggaran khusus seperti penalti.

36. Goal Posts
Tiang gawang vertikal yang menopang crossbar. Ini juga amit-amit kalau gagal gol gara-gara kena goal posts.

37. Half-Time
Ngaso tiiime... 15 menit sebelum 45 menit ke-2.

38. Half-Volley
Menendang bola (goal shot) setelah si bola memantul terlebih ke rumput terlebih dulu.

39. Hand Ball
Bisa diterjemahkan sebagai sentuhan bola terhadap tangan, sebenarnya hand ball tidak hanya melibatkan tangan dan pergelangannya, tapi sampai dengan batas lengan atas. Kadang dianggap pelanggaran, kadang tidak disebut pelanggaran jika tangan yang dikenai bola tidak dalam posisi aktif.

40. Hat-trick
aaaaadalah 3 gol yang diciptakan oleh seorang pemain dalam sebuah pertandingan.

41. Header
Ada bola di udara nih, terus disundul oleh kepala pemain. Ini dia header.

42. Kickoff
Permulaan pertandingan dimana bola mulai ditendang dari titik tengah lapangan. Kalau sudah terjadi goal, mulai lagi dari titik tengah ini juga.

43. Linesman
Asisten wasit ini berjumlah 2 orang. Tugasnya membantu wasit dalam melihat posisi bola dan pemain. Menentukan offside, throw in, dan membantu wasit dalam mengambil keputusan. Senjatanya adalah bendera kecil.

44. Midfielder
Nama Indonesianya gelandang. Aslinya sih beroperasi di lapangan tengah, tapi bisa dibilang kerjanya serabutan. Kok? Iya, karena pemain ini harus bisa dan siap menggantikan posisi striker apabila diperlukan. Kalau pernah lihat Kapten kita sibuk hilir mudik kesana kemari sampai kadang mencetak gol, yah... begitulah job description dari gelandang. Seperti Bek, Gelandang juga ada bermacam-macam:

- Defensive Midfielder
Gelandang bertahan. Posisi doi unik soalnya ada di antara garis tengah dan belakang, tugas dia menyeimbangkan keduanya. Kalau pertahanan mulai diserang, dia yang menahan bola sebelum bola sampai ke bek dan sekaligus merusak skema serangan lawan. Kadang-kadang bisa juga menjadi playmaker dadakan. Playmaker ni apa lagi sih? -___- playmaker itu bisa dibilang pengatur serangan.

- Central Midfielder
Gelandang tengah, bisa 2 sampai 3 orang tergantung formasi yang dipakai. Pemain ini bisa juga disulap jadi box-to-box midfielder (lihat no. 15)
- Winger
Gelandang ini menyisir sisi kanan/kiri lapangan. Doi bertugas memberi umpang silang ke striker, tapi nggak menutup kemungkinan juga membuat gol karena doi bebas bergerak karena pakai sayap (zzzzzzzzzz banget).

- Attacking Midfielder
Gelandang serang posisinya ada di garis tengah dan depan. Tugas utamanya menyuplai bola ke striker, kadang-kadang kalau posisi dia memungkinkan bisa juga langsung mencetak gol karena disulap jadi trequartista (opo iki???) atau pemain yang bermain di 3/4 bagian lapangan di sisi penyerangan. Jadi dia posisinya lebih maju ke depan.

45. Nutmeg
aaaaadalah operan bola yang melewati kedua belah kaki dari lawan. Luis Suarez jago banget nih yang beginian.

46. Offside
Dikit-dikit kok offside, dikit-dikit kok offside. Offside kok dikit-dikit? Sebenernya apa sih offside itu? Banyak orang yang belum memahami konsep dari offside. Biasanya orang menganggap bahwa pemain yang mendahului pemain lawan semuanya dianggap offside, tapi offside nggak sesederhana itu. Peraturan offside dibuat sedemikian rupa sehingga (in sha Allah) tidak ada yang dirugikan. Offside mulai dihitung ketika pengumpan (ingat ya, pengumpan) menyentuh bola untuk terakhir kalinya, disitulah ditetapkan apakah penyerang lebih mendahului penyerang lawan atau tidak. Kalau masih sejajar atau lebih di belakang maka tidak dianggap sebagai offside. Jadi offside tidak dihitung ketika penyerang mendapatkan bola tapi ketika pengumpan menyentuh bola untuk terakhir kali. Begitu kira-kira...

47. Overlap (run)
Terjadi ketika seorang pemain (biasanya bek sayap) keluar dari daerah pertahanan dan menggiring bola hingga mendekati ujung pertahanan lawan. Pemain berani mati. Hahahaha.

48. Own Goal
GOL BUNUH DIRI. Sekian.

49. Pass (-ing)
Mengoper bola... tentu saja ke teman 1 tim ya -____-

50. Penalty
Tendangan yang dilakukan dari titik penalti di dalam box atau kotak penalti. Jaraknya 11 meter dari gawang. Tendangan ini terjadi karena ada pemain yang dilanggar di kotak penalti. Tahu kaaan klub Penalty FC??? Begitulah.

51. Red Card
Kartu merah, dipakai wasit untuk memberi tahu kepada pemain dan timnya, bahwa yang bersangkutan diusir keluar lapangan. Bisa jadi akumulasi kartu kuning (2x kartu kuning=1 kartu merah). Pemain itu tidak boleh digantikan pemain lainnya. Pemain penerima kartu merah dalam sebuah liga juga nggak boleh ikut pertandingan berikutnya.

52. Skipper
aaaaadalah sebutan lain untuk Kapten tim.

53. Sliding Tackle
Teknik mencuri bola dari pemain lawan dengan cara agak-agak memlesetkan diri ke rumput. Errr... begitulah.

54. Striker
Yaitu penyerang, berada di garis depan. Tugasnya apa? Tentu saja mencetak gol sebanyak-banyaknya dong. Eh tapi striker juga boleh kok membantu lini tengah atau pertahanan. Striker HARUS bisa lari cepaaaaaaat dan tendangan kedua kaki sama kencang dan sama akuratnya. Biasanya striker nggak perlu tinggi-tinggi banget. Ada juga second striker alias penyerang bayangan, tugasnya membantu striker utama lebih rumit karena biasanya posisi doi pas di belakang striker utama. Striker ke-2 ini harus menerima umpan dari belakang lalu diteruskan ke depan. Biasanya teknik para second striker ini kewren-kewren. Kalau ingat Dirk Kuyt... hmmm... kewren kan Meneer satu itu?

55. Throw In
aaaaadalah lemparan kedalam. Diberikan kepada pemain yang lawannya membuang bola ke samping lapangan. Teknik lemparan harus benar yaitu dengan kedua tangan diayunkan diatas kepala, terus pada saat melempar, kedua kaki tetap menapak ke tanah. Ingat ya, sekesal apapun tidak boleh melempar bola ke wajah pemain lawan. -___-

56. Yellow Card
Kartu kuning, diberikan oleh wasit sebagai peringatan kepada pemain dan timnya jika pemain yang bersangkutan melakukan pelanggaran.

OKELAH KALAU BEGITU... kayaknya segitu aja yang saya tahu. Selebihnya tanya aja ke mas-mas yang suka jadi analis sepakbola... hahaha. Penting nggak penting jadinya penting juga sih kalau sudah terlanjur kecemplung dalam dunia maskulin ini. Paling tidak, nggak blah bloh kalau nonton pertandingan. Hehehe...


Akhir kata, YOU'LL NEVER WALK ALONE!

:D

Cap bibir merah,
Rani.
x

No comments:

Post a Comment